Pemilihan Vendor MCU

Posted by on Oct 24, 2012 in Health Surveillance | 0 comments

Pemilihan Vendor MCU

Dalam memilih vendor MCU sebenarnya bisa disesuaikan dengan budget perusahaan, jika minim biaya tapi idealis ini solusinya.

Pertama lakukan tender dimana dalam melakukan verifikasi gunakan form :

Form Check List Pemilihan Laboratorium MCU on site

Tender dilakukan supaya objektif dan tidak ada dugaan suap, penting di ingat agar medik dijauhkan dari sikap pengen suap dan korupsi.

Batasan Dokter atau HSE hanya sebatas memberikan pilihan item MCU dan melakukan follow up. Pemilihan vendor dilakukan oleh Procurement atau HRD, jika diminta ikutan boleh saja.

Jangan lupa mencantumkan biaya per paket dari vendor yang akan dibandingkan.

Setelah form diatas dikumpulkan beserta barang bukti dokumen, pilih tiga dengan skor tertinggi dengan aspek biaya sudah dimasukkan.

Ketiga calon vendor ini dikunjungi dan di cek kebenaran isian form yang mereka tulis.

Jika hanya mengacu pada kerapian manajemen , kemewahan tempat dan kemegahan lokasi maka pemenang akan terbaca itu – itu saja yang sudah terkenal. Tidak salah menjalin kerjasama dengan laboratorium “P” atau “P satunya” atau “M” atau “B” . Tidak harus laboratorium bisa saja rumah sakit atau klinik.

Perlu di ingat dan diperhatikan mereka para vendor itu adalah Laboratorium kebanyakan, laboratorium tidak paham audiometri atau spirometri bahkan Rontgen sekalipun belum tentu milik mereka tapi di subkon kan lagi. Jadi tanyakan kepada vendor tersebut apakah alat – alat itu miliknya bukan? jika bukan apakah mereka bisa menunjukkan bukti kalibrasi dan kemampuan operatornya bisa di jamin?

Tidak semua vendor itu berpengalaman MCU on site, jangan sampai tertipu mereka me subkon kan MCU anda.

Alat yang ditunjukkan pada anda dan menurut survey lolos verifikasi haruslah barang yang sama yang dibawa on site. Tentunya anda tidak mau semua karyawan di vonis tuli karena alat rusak.

Issue menyakitkan yang perlu dipahami adalah sample tidak diperiksa satu – persatu tapi sampling atau bahkan nilainya dikarang sendiri…issue ini dimasa lalu.

Tim yang berangkat bisa saja tim cabutan dan bukan karyawan asli vendor terpilih, sah saja jika mampu…jika tidak bisa buyar MCU nya karena salah periksa.

MCU adalah sesuatu yang berkesinambungan, tujuannya adalah membandingkan antara data tahun sebelumnya dengan tahun ini. Tidak dibandingkan artinya sama saja dengan tidak MCU.

Bayangkan jika audiometri anda salah, seharusnya tahun lalu anda tuli dan tahun sekarang anda sembuh. Ketulian bersifat irreversibel jika pemeriksaannnya benar. Atau jenis kelamin anda tertukar.

 

468 ad

Leave a Reply